ü Biaya adalah Segala sesuatu yang kita keluarkan atau kita korbankan untuk memperoleh sesuatu.
ü Biaya dapat berupa uang ( biaya langsung ) atau hal lain yang tidak berkaitan langsung dengan uang.
ü Biaya sehari-hari adalah Biaya yang dikeluarkan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang vital. Biasanya merupakan biaya langsung dan biasa disebut biaya eksplisit.
Ciri khas biaya sehari – hari :
1. Merupakan prioritas pengeluaran.
2. Harus tetap dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa ditunda.
3. Jika diperlukan dapat mengorbankan kepentingan yang lain.
ü BIAYA PELUANG ( OPPORTUNITY COST ) adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang karena mengambil suatu pilihan.biaya ini biasanya disebut biaya implisit.
Biaya peluang tidak harus berupa uang. Tetapi dapat berupa waktu, kesenangan, pergaulan, pengalaman, ilmu pengetahuan dan sebagainya.
Perhitungan biaya peluang setiap orang berbeda, tergantung pada kondisi dan situasi yang dihadapi orang tersebut.
Contoh : ketika kamu memilih untuk belajar, maka kamu akan mengorbankan waktumu yang dapat digunakan untuk menonton televise
Ciri Khas Biaya Peluang:
- Perhitungan biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang. Bisa berupa waktu, kesenangan, keuntungan dimasa depan dan lain - lain.
- Memiliki banyak kemungkinan penggunaan.
- Pengambilan keputusan biaya peluang tergantung pada tujuan dan situasi individu.
ü Biaya implisit + biaya eksplisit = Biaya sesungguhnya (genuine cost).
ü Biaya eksplisit perusahaan : pembayaran tunai untuk membayar sumber daya yg dibeli di “pasar sumber daya”.
Laba akutansi : pendapatan +–biaya eksplisit.
Laba ekonomi : pendapatan + biaya eksplisit & implisit.
ü Perbedaan biaya sehari-hari & biaya peluang :
Biaya sehari-hari : tidak mengorbankan kegiatan lain, tidak menghitung kerugian, muncul dari kegiatan yg dilakukan.
Biaya peluang :mengorbankan kegiatan lain, menghitung untung & rugi, muncul dari kegiatan yg tidak dilakukan.
biaya implisit dan biaya eksplisit itu gimana min ngitungnya? Toko Online Murah
BalasHapus