Kamis, 10 Februari 2011

MY LAST TESIS


Ini adalah tugas akhir saya, saya menemukan sebuah penemuan yang sangat membuatku tercengan. Ternyata selama ini hasil dari pembelajaran ekonomi yang ada di SMA hanya sedikit  yang berpengaruh terhadap Afektif siswa.
Ide awal peper saya ini dari dosen pembimbing sya yang sangat hebat skali “Great Teacher” yaitu Miss.Yun Suryanti. Beliau selalu membantu dan memantau setiap langkah pembuatan tesis ini.                                        “ Terima kasih, kau telah memberi banyak pelajaran tentang semua hal
Alhamdulillah akhirnya setelah melewati beberapa jalan yang kadang juga berliku, tugas saya dapat terselesaikan.
Ini adalah sedikit bagian dari paper sya:
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEGIATAN MENGAJAR GURU TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP HOMO ECONOMICUS YANG BERMORAL PADA SISWA SMA NEGERI 2 SURABAYA
Berdasarkan UU RI Nomor 20 Tahun 2003 pasal 4 ayat (4), peran guru dalam pengajaran dituntut mampu menjelaskan dan mengembangkan materi, tidak hanya agar anak didik mendapatkan nilai yang baik dan di atas standar kelulusan tapi diharapkan pengajaran tersebut dapat memberikan keteladanan dan pembentukan karakter anak didik. Dengan kata lain, guru yang dalam hal ini adalah guru mata pelajaran ekonomi harus mampu menanamkan sikap-sikap dan nilai-nilai yang terkandung dalam materi yang diajarkan. Siswa yang telah memiliki pengetahuan dan mampu bersikap sebagai homo economicus, maka akan ditunjukkan dengan perilaku seseorang untuk bersikap rasional apabila sebagai konsumen dan produsen, dengan mempertimbangkan nilai guna dan fungsi, serta rasional dalam mengambil keputusan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang kegiatan mengajar guru bidang studi ekonomi di  SMA Negeri 2 Surabaya, untuk mengetahui pembentukan sikap homo economicus yang bermoral pada siswa SMA Negeri 2 Surabaya, serta pengaruh persepsi siswa tentang kegiatan mengajar guru bidang studi ekonomi terhadap pembentukan sikap homo economicus yang bermoral pada siswa  SMA Negeri 2 Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana . Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas XII IPS SMAN 2 Surabaya, sedangkan sampelnya adalah sebagian siswa kelas XII IPS yaitu kelas XII IPS-1 dan XII IPS-2 yang berjumlah 70 siswa.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kegiatan mengajar guru pelajaran ekonomi di SMAN 2 Surabaya yang terdiri dari sub variabel guru, siswa, tujuan, metode, media, sumber belajar, evaluasi dan lingkungan dalam kategori baik yaitu sebesar 74,18%. Sedangkan pembentukan sikap homo economicus yang bermoral pada siswa SMAN 2 Surabaya yang terdiri dari indikator memiliki sifat tidak pernah puas, memiliki banyak keinginan dan kebutuhan, dan selalu mempertimbangkan pengorbanan dan manfaat dari tindakan yang dilakukan dalam kategori baik yaitu sebesar 73,61%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kegiatan mengajar guru terhadap pembentukan sikap homo economicus yang bermoral sebesar 4,9% .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar